PENERAPAN PENDEKATAN INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT DI MIS DARUL QALAM SENAYANG KEL. SENAYANG KEC. SENAYANG KAB. LINGGA

Saipul (2013) PENERAPAN PENDEKATAN INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT DI MIS DARUL QALAM SENAYANG KEL. SENAYANG KEC. SENAYANG KAB. LINGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013695PGMI.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bilangan di MIS Darul Qalam Senayang Kel. Senayang Kec. Senayang Kab. Lingga melalui penerapan pendekatan induktif pada pembelajaran bilangan berpangkat. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Darul Qalam Senayang yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 7 orang lakilaki dan 5 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan induktif pada pembelajaran bilangan berpangkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berhasilnya penerapan pendekatan induktif pada mata pelajaran matematika, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika dari sebelum penelitian, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum penelitian siswa yang tuntas sebanyak 5 orang (41,67%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 9 orang (75%) dan pada siklus II mencapai persentase 100%. Artinya hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan pendekatan induktif dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa dalam pembelajaran bilangan berpangkat di Kelas IV MIS Darul Qalam Senayang Kel. Senayang Kec. Senayang Kab. Lingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:12
Last Modified: 06 Nov 2016 12:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item View Item