Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

NURUL HIDAYAH, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayah (2025) : Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 47 Pekanbaru dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran MMP ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 47 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Teknik sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematis Project dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematis Project. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematis Project terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 47 Pekanbaru ditinjau dari self efficacy. Kata Kunci : Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy Model Pembelajaran Missouri Mathematis Project, Kemapuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNURUL HIDAYAH, -2023088901depi.fitriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:25
Last Modified: 06 Feb 2025 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87209

Actions (login required)

View Item View Item