ANNISA FITRI, - (2025) PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING (IBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ANNISA FITRI.pdf Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Fitri, (2025): Pengaruh Model Inquiry Based Learning (IBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence Siswa MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model Inquiry Based Learning (IBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence siswa MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Siak tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket self confidence dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model inquiry based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model inquiry based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence siswa MTs. Kata Kunci: Model Inquiry Based Learning (IBL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:49 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:49 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |