Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 008 KUALU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Hana Susanti (2013) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 008 KUALU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013317PGMI.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil ulangan IPA di kelas V semester I (satu) pada tahun 2012 dengan nilai rata-rata yaitu 61.82 (enam satu koma delapan dua). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tumbuhan hijau siswa kelas V SDN 008 Kualu Kecamatan Tambang melalui metode pemberian tugas menggunakan Mind Mapping. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode pemberian tugas menggunakan Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 008 Kualu. Adapun waktu penelitian ini direncanakan pada bulan September hingga Januari 2013. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas menggunakan Mind mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 008 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada materi pokok tumbuhan hijau. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan ratarata sebesar 61.82 dengan kategori cukup, kemudian pada siklus I mendapatkan ratarata 66.36 juga dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 76.27 dengan ketegori baik dengan ketuntasan mencapai 82% atau sebanyak 18 orang siswa yang mendapat nilai KKM. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 67% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 83% dengan kategori “baik sekali” dan siklus II pertemuan 1 sebesar 92% dengan kategori sedang dan pertemuan 2 sebesar 100% dengan kategori “Baik sekali” berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dengan kategori cukup, pada pertemuan 2 sebesar 60% dengan kategori “cukup”, siklus II pertemuan 1 sebesar 71% dengan kategori “Baik’ dan pada pertemuan 2 sebesar 86% dengan kategori “Baik sekali”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:14
Last Modified: 06 Nov 2016 12:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item