PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI KARTU BERPASANGAN DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI UNGAR KEC. KUNDUR KAB. KARIMUN

Edy Suriyono, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI KARTU BERPASANGAN DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SUNGAI UNGAR KEC. KUNDUR KAB. KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013693PGMI.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru tentang materi yang baru diajarkan, siswa kurang terlibat aktifdalam proses pembelajaran sebab Guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa terlihat bosan mengikuti pelajaran dan terkesan sulit dalam menjawab soal ulangan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif melalui media kartu berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa dengan materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makannya di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif melalui media kartu berpasangan pada mata pelajaran IPA, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dari sebelum tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada hasil belajar sebelum tindakan, siswa yang tuntas sebanyak 7 orang (35%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau ketuntasan hanya mencapai 65%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum mencapai 75% dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II, ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang atau dengan persentase 95%. Artinya hasil belajar siswa telah lebih dari 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Akhir dari penelitian ini menyimpulkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif melalui media kartu berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Ungar Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Nov 2016 12:03
Last Modified: 06 Nov 2016 12:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item