LINDRIANI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS IV SDN 007 SUKA MAJU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV LINDRIANI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV LINDRIANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Lindriani,(2025): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas VI SDN 007 Suka Maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe team quiz kelas IV SDN 007 Suka Maju Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bertanya siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 siswa. Objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dan kemampuan bertanya siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik dekskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan bertanya siswa mencapai 54,22% yang berada pada rentang 41-55% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan bertanya siswa mencapai 70,58% yang berada pada rentang 56-70% dengan kategori cukup baik. Kemudian setelah dilakukan perbaikan selanjutnya pada siklus II keterampilan mengemukakan pendapat siswa secara keseluruhan meningkat dengan rata-rata 84,82% yang berada pada rentang 86-100% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz, Kemampuan Bertanya Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:20 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 08:20 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |