PERAN PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KETERSEDIAAN TENAGA LISTRIKBERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2009 ( Studi Kasus: PT PLN Rayon Panam Pekanbaru )

ABD Wariskan, (2014) PERAN PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KETERSEDIAAN TENAGA LISTRIKBERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2009 ( Studi Kasus: PT PLN Rayon Panam Pekanbaru ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

PT.PLN (Persero) Pekanbaru merupakan salah satu dari 4 cabang PT. PLN (Persero) wilayah Riau dan Kepulauan Riau, dimana 3 cabang lainnya yaitu cabang Dumai, cabang Tanjung Pinang dan Cabang Rengat. PT.PLN Rayon Panam memiliki visi dan misi, dengan adanya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan maka PT.PLN Rayon Panam memiliki pedoman dalam menjalankan perannya. Dengan demikian perlu adanya tinajuan tentang sejauh mana peran PT.PLN Rayon Panam, masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran PT.PLN Rayon Panam Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Terhadap Ketersediaan Tenaga Listrik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, apa yang menjadi hambatan PT.PLN (Persero) Rayon Kota Pekanbaru Dalam Mewujudkan Pelayanan Publik Terhadap Ketersediaan Tenaga Listrik dan bagaimana PT.PLN (Persero) Rayon Kota Pekanbaru menyelesaikan hambatan dalam mewujudkan pelayanan publik terhadap ketersediaan tenaga listrik Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskritif dan jenis penelitiannya Observasional Research yaitu dengan cara survey, dalam pengumpulan data dilakukan langsung ke lokasi penelitian dan data yang diperoleh bersumber dari para responden, instansi yang terkait, serta bahan-bahan bacaan berupa literatur. Lokasi penelitian dilakukan di PT.PLN Rayon Panam Kecamatan Tampan Panam Kota Pekanbaru, dengan populasi penelitian yaitu Manajer dan Suvervisor bagian pelayanan PT.PLN Rayon Panam serta pelanggan PT.PLN Rayon Panam. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Peran PT.LN Rayon Panam dalam mewujudkan pelayanan publik tehadap ketersediaan tenaga listrik telah dijalankan dengan baik dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan namun ada beberapa hal yang belum mampu dilakukan secara maksimal oleh PT.PLN Rayon Panam terkait penyediaan tenaga listrik antara lain perusahaan sering mengalami kekurangan pasokan tenaga listrik hal ini terjadi karena banyaknya jumlah pelanggan serta terbatasnya jumlah pasokan tenaga listrik. Untuk pembangkitan, transmisi, distribusi dan penjualan tenaga listrik PT.PLN Rayon Panam berkoordinasi dengan PT.PLN Area dan Wilayah sehingga dapat ditangani dengan baik. Hambatan-hambatan yang dialami PT.PLN Rayon Panam antara lain Perilaku pelanggan yang menggunakan energi listrik secara tidak efisien seperti kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan energi listrik secara hemat, masyarakat yang sering macet atau menunggak dalam melakukan pembayaran rekening listrik, besarnya tingkat kebutuhan energi listrik pelanggan yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor ekonomi, pertumbuhan ii penduduk, dan perencanaan pembangunan daerah, serta kurangnya investasi yang didapat oleh PT.PLN Rayon Panam. Adapun cara PT.PLN Rayon Panam mengatasi hambatan tersebut antara lain berkoordinasi kepada swasta untuk mengalirkan kelebihan energi listrik dan berinvestasi dengan pembangkit listrik, mengajukkan kepada pemerintah untuk melakukan pembebasan lahan pembangunan jaringan, menghimbau masyarakat dengan cara membagikan brosur dan memberikan penjelasan untuk melakukan hemat energi dan melakukan pembayaran tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Nov 2016 07:47
Last Modified: 05 Nov 2016 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item