Rachmi Desfa Armanda, - (2025) Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Platfrom E-Commerce Shopee (Studi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Rachmi Desfa Armanda Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Platfrom E-Commerce Shopee (Studi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap konsumen dalam pembelian barang atau jasa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti budaya, sosial, psikologis, dan personal. Di era digital, perkembangan e-commerce, khususnya platform belanja online seperti Shopee, telah mengubah cara konsumen berbelanja. Masyarakat, termasuk mahasiswa, kini lebih memilih belanja online karena kemudahan, harga yang lebih murah, serta berbagai promo menarik. Namun, keputusan pembelian tetap dipengaruhi oleh faktor- faktor seperti kepercayaan terhadap penjual, yang tercermin dalam ulasan dan rating produk (Online Customer Rating). Penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dengan olah data menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 29. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 252 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 72 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,742 mengindikasikan hubungan yang cukup erat antara sikap konsumen dan keputusan pembelian, dengan kekuatan hubungan sebesar 74,2%. Selain itu, nilai Adjusted R Square sebesar 0,544 menunjukkan bahwa 54,4% variasi dalam keputusan pembelian pada platform Shopee dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen. Sisanya 45,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model ini. Hal ini memberikan gambaran bahwa meskipun sikap konsumen memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel eksternal lain seperti harga, promosi, dan kualitas layanan turut mempengaruhi keputusan pembelian, serta memberikan wawasan lebih lanjut. Kata Kunci : Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian, Shopee
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:47 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:47 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |