Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 PEKANBARU

ATMA AFRIANDANI PUTRI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Atma Afriandani Putri (2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa antara penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model Jigsaw di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test (Independent Samples Test). T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan signifikan dari dua buah mean sampel dari dua variabel yang dikomparatifkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (1,675) atau 3,972 > 1,675 dan perhitungan nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dengan taraf signifikan 5% (0,001 < 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil mean skor kelas eksperimen (81,03) lebih tinggi dibandingkan mean skor kelas kontrol (74,17). Maka perbedaan mean skor diantara kelas eksperimen dan kontrol ialah 6,86. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIDRIS, -2004057601idrisharun@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:07
Last Modified: 04 Feb 2025 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87073

Actions (login required)

View Item View Item