M. IRVAN, - (2025) ANALISIS KESALAHAN AFIKSASI PADA BERITA MEDIA CETAK KORAN POSMETRO INDRAGIRI HILIR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
M. Irvan, (2024): Analisis Kesalahan Afiksasi pada Berita Media Cetak Koran Posmetro Indragiri Hilir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas X Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Tanpa adanya bahasa, manusia tidak dapat menyampaikan segala gagasan dengan tepat dan spesifik. Pada umumnya masih banyak ditemukan penulisan dalam berita media cetak yang tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang sesuai, dalam kenyataannya fenomena kesalahan berbahasa ini banyak dijumpai pada berita-berita media cetak yang beredar pada setiap daerah dapat dikatakan bahwa penggunaan Bahasa pada media yang seharusnya sudah sempurna, ternyata masih memiliki kesalahan dalam penggunaan Bahasanya. Teori Harimurti Kridalaksana digunakan sebagai grand teori dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan afiks pada berita media cetak koran posmetro Indragiri Hilir dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia tingkat SMA. Sumber data penelitian ini adalah koran posmetro Indragiri Hilir. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah format analisis data. Hasil penelitian ditemukan tiga jenis kesalahan afiks yang pertama prefiks terdapat 4 kesalahan. kedua konfiks terdapat 3 kesalahan. ketiga sufiks terdapat 2 kesalahan. Dengan perkembangan pemberitaan yang sangat cepat tidak jarang ditemukan kesalahan penulisan dalam menyampaikan informasi kepada pembaca. Pada kurikulum 2013 teks berita dapat diimplikasikan pada KD 3.1. Menganalisis isi dan kebahasaan teks berita. Sementara pada kurikulum Merdeka dapat melengkapi capaian pembelajaran (CP). Penulisan berita hendaknya mulai menjadi perhatian serius dilingkungan masyrakat luas agar tidak terjadi kesalahan informasi bagi pembacanya. Kata Kunci: Kesalahan berbahasa, Afiksasi, Implikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:52 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:52 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |