MUHAMMAD ARSYAD, - (2024) ANALISIS KETERAMPILAN OBSERVING, INFERRING, DAN PREDICTING SISWA SMP DALAM PELAJARAN IPA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DI SMP KHOIRU UMMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Arsyad (2024) : Analisis Keterampilan Observing, Inferring, Dan Predicting Siswa SMP Dalam Pelajaran IPA Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Di Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan observing, inferring, dan predicting siswa SMP pada pelajaran IPA di Pekanbaru dan untuk mengetahui faktor-faktor kendala bagi siswa dalam mewujudkan keterampilan observing, inferring, dan predicting siswa SMP pada pelajaran IPA di Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan partisipan dari siswa. Objek penelitian yaitu siswa kelas VIII. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria subjek penelitian yaitu siswa yang memiliki keterampilan observing, inferring, dan predicting pada pelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua metode pertama metode tes dilakukan untuk mengetahui keterampilan observing, inferring, dan predicting didesain untuk mengetahui keterampilan observing, inferring, dan predicting siswa. Metode non tes dilakukan dengan wawancara untuk mengklarifikasi data hasil tes soal keterampilan observing, inferring, dan predicting yang telah dikoreksi, dan dianalisis sesuai indikator. Teknik analisis data menggunakan redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan menggunakan Uji Credibility, Uji Transferability, Uji Dependability dan Uji Confirmability. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada aspek observing siswa dengan keterampilan tinggi mampu menentukan data secara kuantitatif dan memberikan deskripsi yang komprehensif terhadap objek yang diamati. Kemudian, pada aspek inferring siswa dengan keterampilan tinggi mampu menyusun kesimpulan sesuai dengan data pengamatan, menghubungkan objek dengan peristiwa yang diamati, dan menjelaskan penyebab serta akibat. Faktor-faktor kendala bagi siswa dalam mewujudkan keterampilan observing, inferring, dan predicting meliputi motivasi belajar yang rendah, metode pembelajaran yang kurang variatif dan interaktif, keterbatasan ketersediaan alat peraga, kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan lingkungan belajar yang kurang mendukung. Kata Kunci : Analisis, Keterampilan Observing, Inferring, Predicting Siswa SMP Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:16 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |