Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA CENDANA PEKANBARU

DILA PERMATA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dila Permata, (2025): Pengaruh Model Pembelajaran Experiential learning terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Cendana Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Cendana Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS yangterdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Experiential Learning dan siswa kelas XI 1 untuk kelas control dengan perlakuan Model Pembelajaran Konvesional. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis descriptive kuantitatif statistic parametric dengan perangkat uji t-test, uji nilai efektifitas dan perbedaan dengan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Experiential Learning yang sangat baik terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 64,50 menjadi 84,75,dengan persentase kenaikan 84,1. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 71,00 menjadi 79,75 dengan persentase 79% dan hasil N-Gain sebesar 55,6%. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Experiential Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkmal, -2012036501Akmal@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:06
Last Modified: 03 Feb 2025 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87039

Actions (login required)

View Item View Item