ANGGUN OKTAVIANI, - (2025) STRATEGI KOMUNIKASI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU DALAM PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIAN (BAB V).pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ANGGUN OKTAVIANI(2025) : STRATEGI KOMUNIKASI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU DALAM PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN Partisipasi aktif siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan pada seorang guru saaat mengajar, sehingga guru harus menyiapkan strategi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru dalam partisipasi aktif siswa pada proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan informan utama penelitian yakni guru yang direkomendasikan sekolah sesuai kriteria berjumlah 4 guru dan 2 siswa sebagai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan guru menerapkan kelima strategi komunikasi sesuai teori dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Sebagai komunikator, guru dominan menerapkan tiga dari lima peran strategi komunikasi pembeljaran, yaitu sebagai penceramah, moderator, dan pembimbing. Strategi ceramah digunakan untuk menyampaikan materi baru secara informative dengan repetition dan interaktif. Peran moderator menggunakan teknik persuasi melalui pemantik, memicu diskusi kritis dan partisipasi, Dan sebagai pembimbing, guru melatih siswa menguasai keterampilan dan materi serta memberi motivasi. Keberhasilan strategi komunikasi ini didukung oleh pendekatan budaya sekolah yang unik, dimana sejak awal siswa diarahkan memanggil guru dengan sebutan “ayah” dan “bunda”, menciptakan hubungan interpersonal yang akrab nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri siswa lebih terbuka. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang terencana dan didukung oleh pendekatan relasional dan interpersonal yang baik mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif, efektif, dan interaktif. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pembelajaran, Partisipasi Aktif Siswa, , Guru MAN 3 Kota Pekanbaru, Proses Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 08:18 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |