PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PAGARAN TAPAH KECAMATAN PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

Midror, (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SUPERITEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PAGARAN TAPAH KECAMATAN PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011175.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari 26 orang siswa hanya sekitar 14 (53,85) yang telah mencapai KKM yang ditetapkan, kemudian adanya sebagian siswa yang banyak bermain bersama teman sebangku ketika guru menjelaskan pelajaran, dan dalam menyampaikan materi pelajaran guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah, sehigga siswa menjadi bosan dalam mengikuti pelajaran. Metode pembelajaran Superitem merupakan metode pembelajaran dengan cara memberikan tugas kepada siswa secara bertingkat atau bertahap dari yang sederhana hingga kompleks, berupa pemecahan masalah, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran Superitem dapat meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 003 Pagaran Tapah Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berhasilnya penerapan metode pembelajaran Superitem ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mulai dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65,38% atau 17 orang siswa yang tuntas. Sedangkan 34,62% atau 9 orang siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 65, artinya hasil belajar siswa pada siklus I belum 75% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 80,77% atau 21 orang siswa yang tuntas. Sedangkan 19,23% atau 5 orang siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 65, artinya ketuntasan siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode pembelajaran Superitem dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 003 Pagaran Tapah Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 03:44
Last Modified: 22 Dec 2015 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item