FARHAN Al- MUCHSIN AWWALUDIN, - (2025) PENGARUH KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ALFATH SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri SultanSyarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Farhan Al-muchsin Awwaludin (2024): Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kepuasan kerja guru di sekolah menengah atas islam terpadu alfath siak Tenaga guru merupakan hal yang paling penting dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa, namun demikian nampaknya perhatian sekolah terhadap guru-guru masih dikategorikan kurang. Kesejahteraan guru yang sering diabaikan oleh beberapa sekolah di Indonesia. Sedangkan peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan, maka kepuasan kerja guru sangat mempengaruhi kualitas sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru dapat dilihat darimemperhatikan seberapa besar tingkat kesejahteraan guru di sekolah dan melihat apakah pengembangan karir guru di sekolah telah dilaksanakan dengan baik atau tidak. Jika keduanya berjalan dengan efektif maka kepuasan kerja guru juga akan meningkat. Maka dari itu kepuasan kerja guru harus ditingkatkan untuk berjalannya kegiatan mengajar yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesejahteraan guru terhadap kepuasan kerja guru di SMA IT Alfath Siak Desain penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, penyebaran angket dandokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMA IT Alfath Siak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket atau kuesioner. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil presentase Kesejahteran guru dari 3 indikator tersebut terdapat kategori yang paling tinggi yaitu kategori “Sangat Baik” dan presentase sebesar 92,2%. Hasil presentase kepuasan kerja guru dari 3 indikator terdapat kategori yang paling tinggi yaitu kategori “Sangat Baik” dan presentase sebesar 93%. Berdasarkan analisis data menggunakan korelasi Product Moment, diperoleh nilai signifikan 0,573 > 0,05 yang berarti H0 ditolak Ha diterima. Yang artinya adanya korelasi dari variabel (X) terhadap variabel (Y). Dilihat dari nilai koefisien r = 0,573 berada pada interval 0,40-0,599 artinya hubungan antara tingkat kesejahteraan guru dengan tingkat kepuasan kerja guru dalam tingkat “Cukup Kuat” yaitu sebesar 32,83%. Kata Kunci:landasan dan teori administrasi, kesejahteraan guru,kerja guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 06:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |