AN NISA ALYA, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD IT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI AN NISA ALYA.FIX TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI AN NISA ALYA.FIX BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD IT Raudaturramah Pekanbaru melalui model pembelajaran think pair square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran think pair square dan kemampuan kerja sama. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama siswa sebelum tindakan masih rendah, yaitu 24% dari jumlah siswa pada kategori baik, 60% dari jumlah siswa pada kategori cukup, 14% dari jumlah siswa pada kategori tidak baik. Kemudian setelah menerapakan model pembelajaran think pair square pada pertemuan 1, kemampuan kerja sama siswa sedikit meningkat menjadi 28% dari jumlah siswa pada kategori baik, 56% dari jumlah siswa pada kategori cukup, 12% dari jumlah siswa pada kategori tidak baik. pada pertemuan 2 setelah diterapkan model pembelajaran think pair square, kerja sama siswa meningkat menjadi 36% dari jumlah siswa pada kategori baik dan 52% dari jumlah siswa pada kategori cukup dan 12% dari jumlah siswa pada kategori tidak baik. pada pertemuan 3, setelah dilakukan tindakan perbaikan, maka kemampuan kerja sama siswa kembali meningkat menjadi 64% dari jumlah siswa pada kategori baik dan 36% dari jumlah siswa pada kategori cukup. pertemuan 4, dengan menggunakan media pembelajaran kartu bilangan, kerja sama siswa lebih meningkat menjadi 88% dari jumlah siswa pada kategori baik dan 12% dari jumlah siswa pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair squre dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:58 | ||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:58 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |