ROFIK NUR ALAM, - (2025) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELJARAN MENGGUNAKAN ISPRING SUITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSA KATA KEPADA SISWA KELAS SATU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-IHSAN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ROFIK NUR ALAM.pdf Download (15MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rofik Nur Alam (2025) : Efektifitas Media Pembeljaran Menggunakan iSpring Suite untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata kepada siswa kelas satu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu al-Ihsan Kampar. Kosakata bahasa Arab merupakan elemen penting dalam mempelajari bahasa Arab. Namun, temuan menunjukkan bahwa banyak siswa masih menghadapi kesulitan dalam memahami arti dan membentuk kalimat dari kosakata tersebut, karena metode pembelajaran yang masih tradisional dan hanya mengandalkan hafalan. Dalam konteks ini, peneliti menggunakan aplikasi Quizzes sebagai solusi untuk masalah ini, karena Quizzes adalah aplikasi pendidikan dengan fitur-fitur yang menarik seperti gambar-gambar berwarna dan kuis interaktif yang merangsang minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas iSpring Suite dalam memahami arti kata kosakata dalam pengajaran kosakata pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ihsan, (2) Efektivitas iSpring Suite dalam membentuk kalimat kosakata dalam pengajaran kosakata pada siswa di IHIS, dan (3) Efektivitas iSpring Suite dalam membentuk kalimat kosakata dalam pengajaran kosakata pada siswa di IHIS. Sumber data dalam penelitian ini adalah sampel yang terdiri dari 20 siswa. Peneliti menggunakan pendekatan empiris kuantitatif dan metode pengumpulan data eksperimen untuk mendapatkan hasil siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji Test-T untuk menganalisis data, dan hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) iSpring Suite efektif untuk memahami arti kata-kata kosakata dalam pengajaran kosakata di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ihsan, di mana skornya adalah 5,284, yang lebih besar dari skor signifikan pada taraf signifikansi 1% (2,712) dan 5% (2,024), yang berarti hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Oleh karena itu, alat peraga iSpring Suite dapat diterima. (2) iSpring Suite efektif untuk pembentukan kalimat kosakata dalam pengajaran kosakata pada siswa SMP Islam Terpadu Ihsan, dengan nilai 5,762, yang lebih besar dari taksiran signifikan pada taraf signifikansi 1% (2,712) dan 5% (2,024), yang berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, alat peraga iSpring Suite dapat diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaan Kuis dalam pengajaran kosakata bahasa Arab terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pembentukan kalimat siswa. Kata Kunci : Efektifitas, Media Pembelajaran, iSpringSuite, Kosa Kata
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 14:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 14:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |