KHONITA LUTFIA, - (2025) HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA WANITA DEWASA AWAL DI TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA WANITA DEWASA AWAL DI TEMBILAHAN Khonita Lutfia Khonitalutfia18@gmail.com Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Impulsive buying sering kali muncul sebagai mekanisme pelarian atau upaya untuk memenuhi kebutuhan emosional. Untuk mengurangi impulsive buying itu diperlukan self control yang berperan penting dalam mengendalikan dorongan impulsif, karena akan membantu individu membuat keputusan konsumsi yang lebih rasional. Sementara itu, kecerdasan emosi memungkinkan seseorang mengenali dan mengelola perasaan yang memengaruhi keputusan pembelian. Dengan self control dan kecerdasan emosi, dapat membuat individu terhindar dari impulsive buying yang dapat merugikan keuangan serta kesejahteraan emosional. Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara self control dan kecerdasan emosi dengan impulsive buying pada wanita dewasa awal di Tembilahan dengan jumlah 377 subjek. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala self control, kecerdasan emosi dan impulsive buying. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self control dan kecerdasan emosi dengan impulsive buying pada wanita dewasa awal di Tembilahan dengan nilai sig. (p) sebesar 0,001. Self control memiliki arah hubungan yang negatif dengan impulsive buying (-.210), begitu juga dengan kecerdasan emosi (-.245). Dengan demikian, semakin tinggi tingkat self control dan kecerdasan emosi, maka semakin rendah tingkat impulsive buying wanita dewasa awal dan sebaliknya. Self control dan kecerdasan emosi memberikan sumbangan terhadap impulsive buying sebesar 14.9%. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk mengurangi perilaku impulsive buying, maka strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan self control dan kecerdasan emosi. Kata kunci : self control, kecerdasan emosi, impulsive buying, wanita dewasa awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | fpsi - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 14:09 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 14:10 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |