Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH LIL MUQORROBIEN AL-ISLAMI GABUNG MAKMUR KABUPATEN SIAK

ELLA RAHMAWATI, - (2024) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH LIL MUQORROBIEN AL-ISLAMI GABUNG MAKMUR KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ella Rahmawati (2024): Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar pada Al-Qur’an Hadits Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Lil Muqorrobien Al-Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak Kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa berbeda-beda. Siswa yang baik kemampuannya dalam membaca Al-Qur‟an idealnya akan mendapatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits yang baik pula. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan dilapangan bahwa siswa kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Lil Muqorrobien Al-Islami kemampuan membaca Al-Qur‟annya bagus tetapi hasil belajar Al-Qur‟an Haditsnya rendah. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kemampuan membaca Al-Qur‟an terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah Lil Muqorrobien Al-Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Lil Muqorrobien Al-Islami Gabung Makmur Kabupaten Siak yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality sampling dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan Pearson Correlation sebesar 0,609 dengan derajat hubungan antara kedua variabel yakni berkorelasi kuat yaitu pada indeks 0,600- 0,800. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZARKASIH, -2017107201zarkasih@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 12:09
Last Modified: 30 Jan 2025 12:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86804

Actions (login required)

View Item View Item