RIZKY ADIB KURNIAQIL, - (2025) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK WRITING THERAPY PADA KONSELING KELOMPOK TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (ABB IV).pdf Download (8MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITINA (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (986kB) |
Abstract
Rizky Adib Kurniaqil (2024): Pengaruh Penerapan Teknik Writing Therapy pada Konseling Kelompok terhadap Psychological Well-Being Siswa Korban Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus bullying di sekolah sehingga, berdampak pada penurunan psychological well-being korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi psychological well-being sebelum dan sesudah penerapan teknik writing therapy pada korban bullying dan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik writing therapy terhadap psychological well-being pada korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini merupakan siswa korban bullying berjumlah sebanyak 6 orang dengan skor psychological well-being rendah berjumlah 4 orang dan sangat rendah berjumlah 2 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner psychological well-being dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan psychological wellbeing pada korban bullying sebelum perlakuan berada pada kategori ―rendah‖ dan ―sangat rendah‖ dan setelah penerapan teknik writing therapy berada pada kategori ―tinggi‖ dan ―cukup tinggi‖. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan teknik writing therapy berpengaruh secara signifikan terhadap psychological wellbeing pada korban bullying di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon signed test didapatkan nilai Z sebesar -2.201 dan nilai asymp sig. (2- tailed) 0.028 lebih kecil dari tingkat signifikansi 5% (0.05). Kata Kunci: Writing Therapy, Psychological Well-Being, Korban Bullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 11:00 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 11:01 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |