Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK GURU DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN DISIPLIN TERHADAP SISWA DI SEKOLAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

FADHLI MAULANA, - (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK GURU DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN DISIPLIN TERHADAP SISWA DI SEKOLAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADHLI MAULANA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

ABSTRAK Fadhli Maulana(2024): Perlindungan Hukum Terhadap Hak Guru Dalam Penegakan Disiplin Terhadap Siswa di Sekolah Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Peneliti mengangkat permasalahan perlindungan terhadap hak guru dalam menegakkan kedisiplinan siswa. Pemilihan tema ini dilatarbelakangi karena banyaknya kasus pelaporan terhadap guru yang memberikan sanksi dalam penegakan kedisiplinan terhadap siswa disekolah. Para guru merasakan dilema dan selayaknya mendapatkan hak serta perlindungan hukum dalam menjalankan profesinya sesuai dengan yang diatur di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Dalam kenyataannya, banyak guru yang tidak leluasa dalam menjalankan haknya serta tidak mendapatkan perlindungan hukum sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap hak guru dalam penegakan kedisiplinan siswa serta upaya menjaga keseimbangan antara hak guru dan perlindungan terhadap hak anak Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan perundang-perundangan, yang akan mencari peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapi dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka. Adapun hasil penelitian diketahui Perlindungan hukum terhadap hak guru dalam melakukan penegakan disiplin terhadap siswa di sekolah menurut Undang- Undang No. 14 Tahun 2005 menjadi kurang maksimal dalam penerapannya, karena dimungkinkan terjadinya kontradiksi dengan peraturan mengenai HAM dan juga perlindungan anak. Hal tersebut menimbulkan dilema bagi guru akhirnya guru menjadi kurang tegas terhadap siswa yang nakal atau melanggar tata tertib sekolah. Ketidaktegasan guru berdampak terhadap semakin rendahnya wibawa guru di hadapan siswa, khususnya di kalangan siswa-siswa yang nakal., serta upaya menjaga keseimbangan antara hak guru dan perlindungan terhadap hak anak merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa hormat pada guru, seringkali tidak disadari oleh orang tua bahwa di sekolah hanya tempat mencerdaskan kemampuan dan meningkatkan akademis anak sedangkan pembentukan mental dan sikap anak jauh dari kata kurang. Beberapa kejadian pelaporan dan tindakan kekerasan menunjukkan posisi guru saat ini tidak dipercaya lagi oleh masyarakat luas. Ketika guru melakukan tindakan pendisiplinan yang membuat siswa dan orangtua siswa tidak menyenanginya maka guru akan dijerat oleh undang-undang perlindungan anak. Hal ii tersebut membuktikan pengaruh undang-undang perlindungan anak terhadap perubahan cara pandang dan pola perilaku orangtua siswa terhadap proses pendidikan yang dilakukan oleh guru kepada siswa di sekolah. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Guru, Disiplin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHENDRI SAYUTI, -2029087001hendri.sayuti@uin-suska.ac.id
Thesis advisorABU SAMAH, -2012066702abu.samah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hacked fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2025 10:53
Last Modified: 30 Jan 2025 10:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86786

Actions (login required)

View Item View Item