JUAN AGUSTINO, - (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA (Studi Kasus Di Bank BSI KCP Pekanbaru UIN Suska). Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Juan Agustino, 2025 : Strategi pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Haji Indonesia (Studi Kasus Di Bank Bsi Kcp Pekanbaru Uin Suska) Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang ketat di setiap perusahaan perbankan dalam menjual dan meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan haji. Dengan demikian, strategi pemasaran menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan perbankan untuk mampu bersaing dengan kompetitornya. Tabungan Haji Indonesia dari Bank Syariah Indonesia merupakan produk tabungan yang dikhususkan untuk memenuhi Biaya Perjalanan Ibadah Haji yang dikelola secara aman dan bersih sesuai syariah dengan akad Wadiah Yad Amanah. Tren pertumbungan tabungan haji oleh Bank Syariah Indonesia terus mengalami peningkatan.Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang dilakukan di Bank Syariah Syariah Indonesia KCP Pekanbaru UIN Suska. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 1 orang yaitu: Branch Operation and Service Manager (BOSM) dan Customer Service di BSI KCP Pekanbaru UIN Suska. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana data yang diperoleh dari hasil wawancara dan diuraikan secara sistematis dengan berpedoman kepada landasan teori yang berhubungan dengan pembahasan untuk mencari pemecahan masalah. Hasil pada penelitian ini adalah “Strategi Marketing Mix BSI KCP Pekanbaru UIN Suka Dalam Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Haji Indonesia.” Terdapat beberapa strategi dinilai belum efektif dalam mempengaruhi minat nasabah untuk meningkatkan jumlah penggunaan produk Tabungan Haji yaitu pada aspek tempat (place) dan orang (people), dan juga kedua aspek ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi dalam menerapkan strategi pemasaran. Selain itu, terdapat fakor eksternal yang menjadi kendala serta tantangan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk Tabungan Haji adalah kebijakan atau regulasi pemerintah terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji seperti kenaikan baiaya haji pada setiap tahunnya dan juga terdapat kompetitor yang memberikan keunggulan serta manfaat yang jauh lebih baik. Kata Kunci : Tabungan Haji, Bank Syariah Indonesia, Nasabah,Bauran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Laporan) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | Hacked fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 11:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 11:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |