BIMA DWI KENCANA, - (2025) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI HSE PT BESMINDO MATERI SEWATAMA DALAM MELAKSANAKAN SOSIALISASI PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) KEPADA KARYAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (Skripsi Full Kecuali Bab V)
SKRIPSI BIMA LENGKAP Kecuali Bab V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Hanya Bab V)
Skripsi Bima Hanya Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Bima Dwi Kencana Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Organisasi HSE PT Besmindo Materi Sewatama Dalam Melaksanakan Sosialisasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Kepada Karyawan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi organisasi yang diterapkan oleh HSE PT Besmindo Materi Sewatama dalam mensosialisasikan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai tahapan komunikasi yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Besmindo Materi Sewatama berhasil menerapkan strategi komunikasi yang terstruktur dan efektif. Sosialisasi dilakukan melalui jalur formal, seperti briefing harian, pelatihan rutin, dan penyebaran informasi melalui media cetak maupun digital. Komitmen manajemen dan partisipasi aktif karyawan memainkan peran penting dalam keberhasilan program K3. Keberhasilan ini ditandai dengan penghargaan yang diraih perusahaan, termasuk Zero Incident Record dan pengakuan sebagai The Best Wows HSSE Performance oleh Pertamina Subholding Unit pada tahun 2023 dan pemenuhan kepatuhan CSMS terbaik untuk kategori risiko tinggi, serta penghargaan perwakilan manajemen kontraktor terbaik tahun 2024. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi organisasi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pentingnya K3 dan menciptakan budaya kerja yang aman dan produktif. Disarankan agar perusahaan terus mengembangkan media komunikasi digital yang interaktif serta meningkatkan kualitas pelatihan berbasis teknologi untuk mendukung keberlanjutan program K3. Kata Kunci: Komunikasi organisasi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), HSE, Strategi Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 11:21 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 11:22 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |