KOMPETENSI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MATLABUL ULUM KABUPATEN KAMPAR

Imam Muhhardika, (2013) KOMPETENSI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MATLABUL ULUM KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201399PAI.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kompetensi Pendidik dalam mengembangkan ranah afektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah tsanawiyah Matlabul Ulum Kabupaten Kampar. Masalah afektif dirasakan penting oleh semua orang, namun implementasinya masih kurang. Hal ini disebabkan dalam merancang pencapaian tujuan pembelajaran afektif tidak semudah seperti pembelajaran kognitif dan psikomotor. Maka guru harus merancang kegiatan yang tepat agar tujuan pembelajaran afektif dapat tercapai. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan ranah afektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Pendidik dalam mengembangkan ranah afektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah tsanawiyah Matlabul Ulum Kabupaten Kampar. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknis analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya ialah : p = 100% Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Pendidik dalam mengembangkan ranah afektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah tsanawiyah Matlabul Ulum Kabupaten Kampar tergolong Cukup mampu karena secara kualitatif persentase diperoleh skor 71%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Pendidik dalam mengembangkan ranah afektif pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts Matlabul Ulum Kabupaten Kampar: a. Kurang Sarana dan prasarana dalam pembelajaran b. Pendidik Kurang menguasai kelas dalam meningkatkan minat dan sikap pada pembelajaran c. Pendidik Kurang mampu mengaplikasikan materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ke dalam kehidupan d. Pendidik mendapat perhatian dalam mengembangkan ranah afektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Nov 2016 07:04
Last Modified: 04 Nov 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8669

Actions (login required)

View Item View Item