Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODEPROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA JAMIATUL MUKHLISIN KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU

ELSA MULIA MAHARANI, - (2025) PENGARUH PENERAPAN METODEPROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA JAMIATUL MUKHLISIN KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAPKECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Elsa Mulia Maharani (2024) : Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Jamiatul Mukhlisin Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun yang dipengaruhi oleh kegiatan Project Based Learning (PjBL) sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest posttest dengan t-test atau uji memiliki rumus thitung > ttabel. Jika t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan bantuan program SPSS Windows versi 2.3. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Jamiatul Mukhlisin Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di RA Jamiatul Mukhlisin Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru digunakan rumus gain ternormalisasi dan didapat dari hasil rumus tersebut sebesar 1.80% yang berada pada kategori tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 0,812 dan ttabel = 0,300 maka thitung > ttabel (0,812 > 0,300). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan, dari hasil penelitian terdapat pengaruh penerapan metode Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di RA Jamiatul Mukhlisin Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Project Based Learning (PjBL), Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkamelia Mukhtar, -2003128801Nurkamelia Mukhtar@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:03
Last Modified: 30 Jan 2025 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86678

Actions (login required)

View Item View Item