Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU KOTA PEKANBARU

RICHA FAJRISA, - (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Richa Fajrisa (2024): Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Medeka di Taman Kanak-Kanak Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di TK PG LAB FKIP UNRI, Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 di TK PG LAB FKIP UNRI telah berhasil menanamkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia melalui kegiatan keagamaan seperti doa bersama, shalat berjamaah, dan cerita teladan; (2) Mandiri melalui pembiasaan kegiatan sehari-hari yang mendorong anak untuk bertanggung jawab; (3) Gotong royong melalui kegiatan kolaboratif seperti menggambar kelompok dan piket bersama; (4) Berkebhinekaan global melalui pengenalan budaya, bahasa, dan tradisi yang beragam; (5) Bernalar kritis melalui aktivitas berbasis dialog yang mendorong anak untuk memecahkan masalah; dan (6) Kreatif melalui proyek seni dan eksperimen yang melibatkan eksplorasi ide-ide baru. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi P5. Penelitian ini menyimpulkan bahwa P5 di TK PG LAB FKIP UNRI mampu memberikan dampak positif dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peneliti merekomendasikan pengembangan lebih lanjut program P5 dengan inovasi kegiatan yang melibatkan seluruh elemen pendidikan. Kata Kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZuhairiansyah Arifin, -2026097603Zuhairiansyah Arifin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:45
Last Modified: 30 Jan 2025 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86664

Actions (login required)

View Item View Item