Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAS SUNGAI PUTIH

M. IQBAL ZULHAJ, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAS SUNGAI PUTIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Muhammad Iqbal Zulhaj (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di Kelas XI SMAS Sungai Putih Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yakni pada materi Flora dan Fauna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMAS Sungai Putih. Penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri dari 2 kelas, sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T-tes dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran tipe kooperatif team assisted individualization terhadap hasil belajar siswa pada materi Flora dan Fauna. Di lihat pada rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,4 menjadi 88,8. pada nilai posttest kelas eksperimen menunjukkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 61,74%. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYulia Novita, -1013066801Yulia Novita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 14:59
Last Modified: 30 Jan 2025 14:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86648

Actions (login required)

View Item View Item