Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PERSOALAN FAKTUAL MELALUI TEKNIK ANALOGI PERSONAL SISWA KELAS V SDN 029 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Yesi Ayu Dian Sari (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PERSOALAN FAKTUAL MELALUI TEKNIK ANALOGI PERSONAL SISWA KELAS V SDN 029 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013681PGMI.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 029 Tarai Bangun kecamatan tambang kabupaten kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, seperti; 1) Hasil belajar yang diperoleh murid belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia, lebih dari 60% dari seluruh murid yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 yang ditetapkan. 2) Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru terutama materi persoalan faktual, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa tersebut penulis menerapkan teknik pembelajaran analogi personal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah penggunaan teknik analogy personal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi persoalan faktual siswa kelas V SDN 029 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh anas sudijono, yaitu: 100% N F p  x Berdasarkan hasil observasi pada sebelum tindakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia hanya mencapai rata-rata 59, angka ini belum mencapai nilai indicator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar siswa meningkatkan dengan rata-rata 64, angka ini juga belum mencapai nilai indicator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan rata-rata 80, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75. Artinya pada siklus II secara klasikal hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:22
Last Modified: 02 Nov 2016 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item