Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE VARIASI MURID KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AZZAHIDDIN PEKANBARU

Nurlizawati (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE VARIASI MURID KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AZZAHIDDIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013679PGMI.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azzahiddin Pekanbaru dalam mengikuti pembelajaran Matematika ditemui gejalagejala atau fenomena pada pelajaran matematika sebagai berikut, 1) Kurangnya semangat dalam belajar, 2) Sering keluar masuk pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, 3) Sebagian murid berbicara sedang belajar, dan 4) Kurang merespon terhadap pertanyaan guru, dan 5) Tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Rumusan masalah penelitian yaitu Bagaimana penerapan metode Variasi dapat meningkatkan minat belajar murid pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azzahiddin Pekanbaru?, dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Variasi dalam meningkatkan minat belajar murid mata pelajaran Matematika dikelas IV Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Ibtidaiyah Azzahiddin Pekanbaru. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Hasil observasi sebelum tindakan minat belajar siswa diperoleh persentase ratarata 36,6% dengan kategori tidak baik. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus I yang menunjukkan tingkat minat belajar siswa mencapai dengan persentase 62,2% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar siswa diperoleh angka 75,9% dengan kategori tinggi. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan ” Melalui metode variasi dapat meningkatkan minat belajar Murid Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azzahiddin Pekanbaru ”dapat diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:20
Last Modified: 02 Nov 2016 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item View Item