MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION ) KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 AL FAJAR PEKANBARU

Syaiful Bahri, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION ) KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 AL FAJAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013678PGMI.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di MIN 2 Al Fajar Pekanbaru ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, di antaranya: Nilai yang diperoleh murid tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari 35 orang murid 50% atau sekitar 17 murid belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 65 dan Kurangnya pemahaman murid terhadap materi yang diberikan meskipun telah disampaikan guru secara berulang-ulang. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setelah pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika di kelas IV.b Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al Fajar Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika di kelas IV.b Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Al Fajar Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika. Pada sebelum tindakan hasil belajar murid hanya mencapai rata-rata 58, angka ini belum mencapai nilai indicator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar murid meningkatkan dengan rata-rata 65, angka ini juga belum mencapai nilai indicator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar murid mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan rata-rata 77, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75 dengan demikian penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Al Fajar Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:18
Last Modified: 02 Nov 2016 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8656

Actions (login required)

View Item View Item