RUNI AULIA PUTRI, -
(2025)
ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN BERDASARKAN
MODEL LRFM MENGGUNAKAN METODE K-MEANS.
Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 6 (4).
(Submitted)
Abstract
Dalam era persaingan yang ketat di industri kecantikan, penting bagi Perusahaan untuk memahami perilaku konsumen
dan mengenali segmen klien yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas pelanggan di klinik Kecantikan
Lanona Skincare menggunakan model LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) dengan metode K-Means Clustering.
Klinik kecantikan belum menerapkan CRM sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Belum adanya system segmentasi pelanggan,
menjadikan klinik kecantikan ini kesulitan dalam mengidentifikasi pelanggan loyal dan strategi pemasaran yang kurang efektif.
Data transaksi pelanggan dari bulan April hingga Oktober 2023 dikumpulkan dan dianalisis untuk menentukan nilai pelanggan
berdasarkan parameter LRFM. Hasil analisis menunjukkan bahwa K-Means efektif dalam mengelompokkan pelanggan hingga
didapatkan tiga cluster terbaik. Cluster 1 dengan hasil 0,620 adalah pelanggan paling setia, cluster 2 didapatkan hasil 0,100
dikelompokkan ke dalam pelanggan baru yang tidak aktif dan cluster 3 mendapatkan hasil 0,353 yaitu pelanggan dengan frekuensi
tinggi namun kontribusi pendapatan masih rendah.. Strategi pemasaran pemasaran yang diusulkan untuk masing-masing cluster
meliputi pemberian reward dan peningkatan komunikasi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan
wawasan berharga bagi Klinik Kecantikan Lanona Skincare dalam menciptakan rencana pemasaran yang lebih terfokus dan sukses
untuk meingkatkan kebahagiaan dan loyalitas pelanggan.
Actions (login required)
 |
View Item |