Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN BERDASARKAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

RUNI AULIA PUTRI, - (2025) ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN BERDASARKAN MODEL LRFM MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 6 (4). (Submitted)

[img]
Preview
Text (Tugas Akhir)
TA - RUNI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam era persaingan yang ketat di industri kecantikan, penting bagi Perusahaan untuk memahami perilaku konsumen dan mengenali segmen klien yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas pelanggan di klinik Kecantikan Lanona Skincare menggunakan model LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) dengan metode K-Means Clustering. Klinik kecantikan belum menerapkan CRM sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Belum adanya system segmentasi pelanggan, menjadikan klinik kecantikan ini kesulitan dalam mengidentifikasi pelanggan loyal dan strategi pemasaran yang kurang efektif. Data transaksi pelanggan dari bulan April hingga Oktober 2023 dikumpulkan dan dianalisis untuk menentukan nilai pelanggan berdasarkan parameter LRFM. Hasil analisis menunjukkan bahwa K-Means efektif dalam mengelompokkan pelanggan hingga didapatkan tiga cluster terbaik. Cluster 1 dengan hasil 0,620 adalah pelanggan paling setia, cluster 2 didapatkan hasil 0,100 dikelompokkan ke dalam pelanggan baru yang tidak aktif dan cluster 3 mendapatkan hasil 0,353 yaitu pelanggan dengan frekuensi tinggi namun kontribusi pendapatan masih rendah.. Strategi pemasaran pemasaran yang diusulkan untuk masing-masing cluster meliputi pemberian reward dan peningkatan komunikasi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi Klinik Kecantikan Lanona Skincare dalam menciptakan rencana pemasaran yang lebih terfokus dan sukses untuk meingkatkan kebahagiaan dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD JAZMAN, -1004068202jazman@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jan 2025 09:53
Last Modified: 24 Jan 2025 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86558

Actions (login required)

View Item View Item