KHOIRUNNISA, - (2025) ANALISIS AUTHORITARIAN PARENTING: TELAAH PEMBENTUKAN SIKAP KEBERAGAMAAN ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sikap keberagamaan individu tidak muncul secara instan, melainkan melalui serangkaian proses yang dimulai sejak masa anak-anak hingga masa dewasa. Masa anak-anak merupakan periode krusial dalam membangun fondasi nilai-nilai keberagamaan, dan orang tua memiliki peran sentral dalam menentukan pola asuh yang diterapkan untuk membentuk sikap keberagamaan tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik authoritarian parenting dalam perspektif pendidikan Islam serta kontribusinya terhadap pembentukan sikap keberagamaan pada anak. Penelitian Kualitatif ini menggunakan pendekatan metode library research untuk mengumpulkan data dari berbagai literatur. Data dianalisis menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana, yang terdiri dari data condensation, data display, serta drawing and verifying conclusions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa authoritarian parenting dalam perspektif pendidikan Islam atau disebut sebagai pola asuh Imani-Amali berbasis disiplin, memiliki karakteristik unik yang berbeda dari perspektif Barat. Karakteristik ini meliputi perintah yang tegas, disiplin ketat, hukuman yang bertujuan membentuk kebiasaan positif, kombinasi ketegasan dan kelembutan, kepatuhan pada nilai-nilai tauhid, ketergantungan hanya kepada Allah, pengontrolan langsung, serta pembiasaaan dilakukan sejak dini. Pola asuh ini memiliki peran yang penting dalam membentuk nilai-nilai esensial keislaman, membiasakan anak hidup berdampingan dengan agama, dan menjadikannya bagian integral dari aktivitas sehari-hari. Selain itu, pola asuh ini memberikan pengaruh jangka panjang terhadap pembentukan karakter Islami yang kuat, dalam hal ibadah maupun ketaatan kepada Allah. Dengan demikian, pola asuh authoritarian perspektif pendidikan Islam tidak hanya membangun fondasi keberagamaan yang kokoh, tetapi mengembangkan secara bersamaan antara spiritual dan moral. Kata kunci: Pola asuh, authoritarian parenting, sikap keberagamaan
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 05:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 05:22 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |