Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI AMAL IKHLAS PEKANBARU

AULIA PUTRI ANDINI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada muatan pelajaran IPA melalui penerapan model brain based laerning kelas IVMi Amal Ikhlas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 18 orang siswa kelas IV Mi Amal Ikhlas Pekabaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran brain based learning dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran brain based laerning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan pemecahan masalah siswa rata-rata mencapai 56,35. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata-rata 69,2. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan rata-rata 75 dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran brain based learning pada muatan pelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas IV Mi Amal Ikhlas Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSIBA, -12478783289susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:39
Last Modified: 24 Jan 2025 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86549

Actions (login required)

View Item View Item