Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

ANNISA HIKMAH WATI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL SSI TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA HIKMAH WATI KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Hikmah Wati (2025) : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Model SSI Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman pada materi bumi dan tata surya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 MTS Al Muttaqin Pekanbaru sebanyak 255 siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random acak dalam (random sample) sehingga terpilih kelas VII E sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan emodul SSI terintegrasi nilai keislaman dan kelas VII G sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttes untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. dengan bantuan SPSS versi 20 menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H a diterima dan H 0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul SSI terintegrasi nilai keislaman dan yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada materi bumi dan tata surya di kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, E-modul SSI, Keterampilan Berpikir Kritis, Bumi dan Tata Surya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIKI DIAN PERMANA, -2031038803niki.dian.permana@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:30
Last Modified: 30 Jan 2025 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86544

Actions (login required)

View Item View Item