PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM SISWA KELAS IV SD NEGERI 010 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Yusmanidar, (2013) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM SISWA KELAS IV SD NEGERI 010 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013285PGMI.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa pada materi Kepahlawanan dan Patriotisme, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian penerapan Strategi Pembelajaran Kuantum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Kuantum dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kepahlawanan dan Patriotisme siswa Kelas IV SDN 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Siswa Kelas IV SDN 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi motivasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kuantum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa mencapai 47% pada kategori “Cukup Tinggi”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai 80% pada kategori “Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi kuantum motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kepahlawanan dan Patriotisme Siswa Kelas IV SDN 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar dapat ditingkatkan, artinya apabila diterapkan Strategi Kuantum secara benar dan sesuai maka dapat meningkatkan motivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:14
Last Modified: 02 Nov 2016 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8654

Actions (login required)

View Item View Item