PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TENTANG MENELADANI PERILAKU TAUBATNYA NABI ADAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BENTENG HULU KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK

Desniwati, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TENTANG MENELADANI PERILAKU TAUBATNYA NABI ADAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 BENTENG HULU KECAMATAN MEMPURA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201362PAI.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak ditemui beberapa gejala gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Strategi Pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam siswa kelas IV SDN 001 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 001 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Pembelajaran Buzz Group dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 001 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Dapat dijelaskan bahwa melalui strategi pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 39.5%. Siklus I meningkat dengan perolehan rata rata persentase 54.8%. Siklus II memperoleh rata-rata persentase 69.5%. Sedangkan pada siklus III motivasi belajar siswa memperoleh rata-rata persentase 77.6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:10
Last Modified: 02 Nov 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8650

Actions (login required)

View Item View Item