KUALITAS SOAL BUATAN GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SEKECAMATAN KAMPAR TIMUR

Zulfikar, (2013) KUALITAS SOAL BUATAN GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SEKECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013282PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas soal buatan guru Agama Islam SD Se-Kecematan Kampar Timur di tinjau dari segi analisis kualitatif berdasarkan aspek materi, kontruksi dan bahasa. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Se Kecematan Kampar Timur. Sedangkan objek penelitian ini adalah Kualitas Soal Pendidikan Agama Islam kelas 3, 4 dan 5 buatan guru Sekolah Dasar Se Kecematan Kampar Timur. Instrumen dilihat dari validitasnya, pada kelas III didapatkan 88% item soal yang dianggap valid, untuk kelas IV didapatkan 74% item soal yang dianggap valid, termasuk soal objektif 80% dan 90% valid. Kelas V didapatkan 68% item soal yang dianggap valid. Dari reliabilitasnya, soal kelas III sebesar 94% reliable, pada kelas IV sebesar 78% reliable, soal essay berjumlah 5 sebesar 63% kurang reliabel, soal isian singkat 10 soal sebesar 82% yang berarti reliabel. Kelas V diketahui 87% soal reliable. Kelas III dengan jumlah soal 40 item memiliki daya pembeda baik 45%, cukup 35% dan jelek 20%. Kelas IV dengan jumlah soal sebanyak 35 item memiliki daya pembeda baik sekali 6%, baik 11%, cukup 23% dan jelek 60%. Kelas IV dengan jumlah soal 5 item essay memiliki daya pembeda baik 40%, cukup 40% dan jelek 20%. Kelas IV dengan jumlah soal sebanyak 10 item uraian memiliki daya pembeda baik sekali 20%, baik 20%, cukup 20% dan jelek 40%. Pada kelas V dengan jumlah soal sebanyak 50 item pilihan ganda memiliki daya pembeda antara baik 8%, cukup 38% dan jelek 54%. Di kelas III memiliki tingkat kesukaran antara sedang 60% dan mudah sebanyak 40% item, di kelas IV memiliki tingkat kesukaran sedang 6%, sedang 20% dan mudah 74%. Soal kelas IV sebanyak 5 item essay memiliki tingkat kesukaran sedang 80% dan mudah 20%, soal uraian sebanyak 10 item memiliki tingkat kesukaran sedang 70% dan mudah 30%. Soal di kelas V dengan jumlah soal sebanyak 50 item pilihan ganda memiliki daya tingkat kesukaran antara sedang 30% dan mudah 70%. Berdasarkan analisis kualitatif materi pada soal buatan guru mata pelajaran Agama Islam di kelas III sekolah Dasar Sekecamatan Kampar Timur bahwa dari keseluruhan indikator materi didapatkan sebanyak 94% termasuk dalam kategori Sangat Baik. Di kelas IV sebanyak 63% termasuk dalam kategori Cukup. Di kelas V didapatkan sebanyak 84% termasuk dalam kategori baik. Dari keseluruhan indikator konstruksi soal didapatkan sebanyak 94% soal sudah memenuhi kriteria konstruksi soal yang termasuk dalam kategori sangat baik. Di kelas IV didapatkan sebanyak 62% termasuk dalam kategori kurang. Kelas V didapatkan sebanyak 92% termasuk kategori Sangat Baik baik. Indikator editorial buatan guru didapatkan sebanyak 97% termasuk dalam kategori sangat baik. Di kelas IV didapatkan sebanyak 61%. termasuk dalam kategori Kurang. Di kelas V didapatkan sebanyak 89% termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:10
Last Modified: 02 Nov 2016 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8649

Actions (login required)

View Item View Item