Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI BERDASARKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA UPT SMP NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR

JANNATA ANHAR, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI BERDASARKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA UPT SMP NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
THESIS JANNATA ANHAR.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jannata Anhar (22290110007): Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar PAI Berdasarkan Kepercayaan Diri Pada Siswa UPT SMP Negeri di Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh Metode tutor sebaya terhadap hasil belajar PAI 2) Menganalisis pengaruh penerapan tutor sebaya berdasarkan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI, 3) Menganalisis pengaruh interaksi penerapan Metode tutor sebaya dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI pada siswa UPT SMP Negeri di kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII dari 104 UPT SMP Negeri di Kabupaten Kampar yang berjumlah 5.483. Sampelnya sebanyak 208 orang responden yang terdiri dari 4 sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampilng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah One way anova dan two way anava. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh Metode tutor sebaya terhadap hasil belajar PAI pada siswa UPT SMP Negeri Kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian one-way anova nilai sig yaitu 0.000 < 0.05. 2) Terdapat pengaruh penerapan tutor sebaya berdasarkan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI pada siswa UPT SMP Negeri di Kabupaten Kampar. Hal ini dubuktikan dengan uji two way anava yang menghasilkan nilai sig 0.001 < 0.05. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode tutor sebaya dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar PAI pada siswa UPT SMP Negeri di kabupaten Kampar. Hal ini dibuktikan dengan uji two way anava yang menghasilkan nilai sig 0.002 < 0.05. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZUBAIDAH AMIR MZ, -2001108101zubaidah.amir@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMASYHURI PUTRA, -2022047101masyhuriumar@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jan 2025 15:26
Last Modified: 24 Jan 2025 15:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86485

Actions (login required)

View Item View Item