ERMEIDA SARI BR DALIMUNTHE, - (2025) PENERAPAN MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - ERMEIDA SARI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - ERMEIDA SARI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru melalui model pembelajaran aptitude treatment interaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 5 orang siswa atau 20% berada pada kategori baik sekali, 3 orang siswa atau 12% berada pada kategori baik, 3 orang siswa atau 12% berada pada kategori cukup baik, 8 orang siswa atau 32% berada pada kategori kurang dan 6 orang siswa atau 24% berada pada kategori kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran aptitude treatment interaction pada siklus I, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 8 orang siswa atau 32% berada pada kelompok baik sekali, 6 orang siswa atau 24% berada pada kelompok baik, 2 orang atau 8% berada pada kelompok cukup baik dan 9 orang atau 36% berada pada kelompok kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana ada 13 orang siswa atau 52% pada kelompok baik sekali, 8 orang atau 32% berada pada kelompok baik, dan 4 orang siswa atau 16% berada pada kelompok cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aptitude treatment interaction dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas II pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:23 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2025 08:23 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |