PENERAPAN STRATEGI THE COMPANY YOU KEEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TOPIK SOAL CERITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DESA LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Milda Susanti, (2013) PENERAPAN STRATEGI THE COMPANY YOU KEEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TOPIK SOAL CERITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DESA LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013281PGMI.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan Strategi The Company You Keep di Sekolah Dasar Negeri 006 Kabun Desa Limau Manis.Adapun permasalahan yang penulis kaji pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah Penerapan Strategi The Company You Keep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Topik Soal Cerita di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Kabun Desa Limau Manis. Pada pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan desimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), guru berperan secara langsung dalam proses pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Kabun Desa Limau Manis. Sedangkan objeknya penerapan strategi the company you keep untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan topik soal cerita kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Kabun Desa Limau Manis. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan pada tiap-tiap akhir pertemuan. Setelah di proses data hasil belajar siswa peniliti memberikan skor untuk setiap item pada lembar kerja siswa dan analisis data. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, yang mana refleksi siklus pertama masih ada sebagian siswa yang belum serius dalam belajar, rencana yang akan dilakukan peneliti untuk memperbaiki tindakan adalah membantu dan membimbing siswa secara mungkin dalam mengerjakan LKS serta memotivasi siswa dalam proses pembelajartan. Sedangkan pada siklus kedua , setelah diberikan tindakan kemampuan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal terhadap subjek penelitian dalam tiga kali pertemuan. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang siknifikannya setelah penerapan strategi the company you keep dalam potik soal cerita. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan. Dimana mean sebelum tindakan 59 dan mean pada tindakan siklus I 69 dan siklus II 78 pada siklus II telah terjadi peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa dalam topik soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika didalam strategi the company you keep pada siwa kelas v sekolah dasar negeri 006 Desa Limau manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:06
Last Modified: 02 Nov 2016 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8647

Actions (login required)

View Item View Item