Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PEKANBARU

FAJRIL ANWAR AHDA, - (2025) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN DISERTASI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHSAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fajril Anwar Ahda (2024): Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru Madrasah Aliyah sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama yang memiliki distingsi khusus pada pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki tanggung jawab dalam menciptakan karakter peserta didik yang seimbang dan toleran serta anti kekerasan. Penelitian ini menyelidiki nilai-nilai moderasi beragama pada pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri kota Pekanbaru baik dalam pembelajaran, ekstrakurikuler, agenda tetap madrasah dan kegiatan lainnya. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 4 Kota Pekanbaru sudah dilakukan dengan baik dan terintegrasi baik melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan agenda kegiatan madrasah seperti kampanye anti bullying dan seminar moderasi beragama. Dalam implementasi pendidikan karakter di dua madrasah tersebut ditemukan penerapan pendidikan karakter secara terpadu melalui pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman, pengembangan budaya madrasah, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Pendekatan ini menanamkan nilai-nilai seperti moderasi beragama, kerja keras, tanggung jawab, dan kepemimpinan. Dukungan dari seluruh elemen madrasah, mulai dari guru, siswa, hingga organisasi seperti OSIM, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk membentuk karakter siswa yang unggul secara moral, intelektual, dan spiritual. Nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru diterapkan melalui pembelajaran, budaya madrasah, dan kegiatan ekstrakurikuler yang menanamkan toleransi, keseimbangan, dan inklusivitas. Integrasi nilai ini menciptakan lingkungan pendidikan yang seimbang dan mendukung pembentukan karakter siswa yang moderat, toleran, dan siap berkontribusi dalam masyarakat majemuk. Novelty penelitian ini terletak pada penerapan nilai moderasi beragama dalam pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini menyoroti upaya sistematis menanamkan toleransi, keseimbangan, dan inklusivitas melalui kurikulum, budaya madrasah, dan kegiatan ekstrakurikuler, memberikan perspektif baru tentang integrasi moderasi beragama dengan pendidikan karakter di masyarakat multikultural. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Karakter, Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASMAL MAY, -UNSPECIFIEDasmal.may@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSYAHRAINI TAMBAK, -UNSPECIFIEDsyahraini_tambak@fis.uir.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:48
Last Modified: 24 Jan 2025 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86462

Actions (login required)

View Item View Item