PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI (SPI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU

Sopyan, (2013) PENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI (SPI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201359PAI.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah penelitian ini adalah ; Apakah penerapan model pembelajaran melalui STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI (SPI) di MTs NEGERI PEKANBARU DAPAT MENINGKATKAT MINAT SISWA DALAM BELAJAR BIDANG STUDI SKI SISWA KELAS VIII.1 DI MTs NEGERI PEKANBARU? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah benar penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) dapat Peningkatan minat siswa kelas VIII.1 dalam belajar SKI di MTs Negeri Pekanbaru. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.1 Di MTs Negeri Pekanbaru sebanyak 30 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan model Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) untuk Peningkatan minat siswa kelas VIII.1 dalam belajar SKI Jenis data yang dipergunakan dalam PTK ini adalah jenis data yang diperoleh langsung dari siswa maupun guru dengan kwalifikasi sebagai berikut: 1.Data penerapan model pembelajaran yang diambil selama PTK berlangsung. 2.Data minat siswa kelas VIII.1 dalam belajar SKI melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) yang dihimpun dalam hasil pengamatan langung dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskriptif kwalitatif dengan prosentase. PTK ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Pada siklus pertama diterapkan model Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) untuk Peningkatan minat siswa kelas VIII.1 dalam belajar SKI sampai siklus ke tiga. Hasil penelitian tingkat minat siswa dalam belajar SKI pada siswa kelas VIII.1 di MTs Negeri Pekanbaru sebelum tindakan adalah rendah yaitu 50%. Setelah tindakan dilakukan, maka tingkat minat siwa dalam belajar SKI kelas VIII.1 meningkat menjadi 80% pada siklus ke tiga. Atas dasar itu, maka Model Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI), ternyata dapat Peningkatan tingkat minat belajar Bidang Studi SKI siswa kelas VIII.1 di MTs Negeri Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:04
Last Modified: 02 Nov 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8646

Actions (login required)

View Item View Item