SITI ROHIMAH, - (2024) ANALISIS SENTIMEN TRAVELOKA BERDASARKAN ULASAN GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 6 (3). pp. 1709-1716. ISSN 2685-3310 (media online)
![]() |
Text (Tugas Akhir)
TA - Siti Rohimah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Internet telah menjadi elemen kunci dalam mendukung kemajuan teknologi dan informasi di berbagai sektor aktivitas manusia. Pada sektor perdagangan dan pariwisata aplikasi Traveloka menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Ulasan atau review dari pengguna memainkan peran penting bagi Perusahaan untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan. Namun, saat ini terdapat beberapa pengguna yang memberikan rating tinggi tetapi berisi review negatif. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam opini pengguna, sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki layanan dan fitur serta menguji dan membandingkan akurasi kedua algortima dalam pengklasifikasian sentimen pengguna. Pada penelitian ini digunakan metode klasifikasi Support Vector Machine dan Random Forest. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 2.130 data ulasan traveloka dari google play store. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Random Forest memiliki performa lebih unggul dan stabil dibandingkan SVM, dengan akurasi rata-rata lebih tinggi pada sebagian besar fitur, seperti Traveloka (71% & 67%) dan Pesawat (74% & 75%). Evaluasi dengan k-fold cross validation mendukung hasil ini, dengan akurasi rata-rata Random Forest lebih tinggi pada Traveloka (70% & 66%) dan fitur Pesawat (75% & 74%).
Item Type: | Article | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | ||||||||
Depositing User: | fsains - | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2025 05:16 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2025 05:16 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |