Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EXPLORING TEACHERS’ PERCEPTIONS IN TEACHING CRITICAL THINKING SKILLS IN WRITING CLASS AT SMPN 25 PEKANBARU

SITI SAIDAH SIREGAR, - (2025) EXPLORING TEACHERS’ PERCEPTIONS IN TEACHING CRITICAL THINKING SKILLS IN WRITING CLASS AT SMPN 25 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
THESISI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)

Abstract

Studi ini mengeksplorasi persepsi guru tentang pengajaran keterampilan berpikir kritis dalam kelas menulis di SMPN 25 Pekanbaru. Berpikir kritis sangat penting untuk mengembangkan kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan kreativitas siswa dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana guru mengajarkan keterampilan berpikir kritis dalam menulis, tantangan yang mereka hadapi dalam menerapkan keterampilan ini, dan persepsi keseluruhan mereka tentang berpikir kritis di dalam kelas. Dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Temuan menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk mengajarkan berpikir kritis dalam menulis, termasuk diskusi kelompok, teknik scaffolding, umpan balik dari teman sebaya, dan metode bertanya yang mendorong pemikiran reflektif dan analitis. Meskipun upaya ini, guru menghadapi beberapa tantangan, seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa, waktu pengajaran yang terbatas, pelatihan profesional yang tidak memadai, serta motivasi dan kosakata siswa yang rendah. Secara keseluruhan, guru memiliki persepsi positif tentang berpikir kritis, memandangnya sebagai alat penting untuk meningkatkan penalaran logis, kreativitas, dan keterampilan pengambilan keputusan siswa dalam menulis. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun guru mengakui pentingnya berpikir kritis dan berusaha untuk menerapkannya secara efektif, mengatasi tantangan yang diidentifikasi memerlukan pelatihan yang lebih baik, sumber daya yang memadai, dan kebijakan yang mendukung guru dalam mendorong berpikir kritis dalam pengajaran menulis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULHIDAH, -2023046601zulhidah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDODI SETTIAWAN, -2001028503dodi.settiawan@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:41
Last Modified: 24 Jan 2025 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86452

Actions (login required)

View Item View Item