Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVAN, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU

PUTRI NOPI LESTARI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVAN, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Nopi Lestari, (2025): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPAS melalui penerapan model ARIAS kelas V Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 27 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemampun berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata mencapai 57,04 dengan ketuntasan klasikal 18,51%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 69,44 dengan ketuntasan klasikal 44,44%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 77,96 dan ketuntasan klasikal 88,88% dengan kategori tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran ARIAS pada muatan pelajaran IPAS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayat, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:23
Last Modified: 24 Jan 2025 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86450

Actions (login required)

View Item View Item