PENERAPAN METODE PHONETIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHFIZ QUR’AN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Eka Putri Wati, (2013) PENERAPAN METODE PHONETIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAHFIZ QUR’AN SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013278PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tahfiz Qur’an siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah penerapan metode Phonetic dapat meningkatkan hasil belajar Tahfiz Qur’an siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penerapan metode Phonetic dalam menghapal surat-surat pendek pada pelajaran Tahfiz Qur’an siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecematan Kampar Kabupaten Kampar Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2012 – 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Phonetic untuk meningkatkan hasil belajar Tahfiz Qur’an. Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan adalah dengan membuat perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi. Bentuk penelitian ini adalah PTK ( class action research) istrumenpenelitian ini terdiri dari instrument observasi, tes, dan dokumentasi. Berhasilnya penerapan metode Phonetic pada mata pelajaran Tahfiz Qur’an diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 10 orang (43,47%) siswa yang tuntas, sedangkan 13 orang siswa (56,52%) belum tuntas, sedangkan setelah tindakan yaitu siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang (60,86%) siswa yang tuntas. Sedangkan 9 orang siswa (39,13%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 86,95% ata sekitar 20 orang siswa yang mencapai KKM dengan yang telah ditetapkan, yaitu 69.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:00
Last Modified: 02 Nov 2016 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8644

Actions (login required)

View Item View Item