Pebri Yeni (2013) PENINGKATAN MOTIVASI MEMBACA MELALUI PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013277PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Memperhatikan penomena yang terjadi pada siswa kelas III SDN 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya Motivasi Membaca siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan strategi Modelling The Way. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Modelling The Way dalam meningkatkan motivasi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I pertemuan pertama diketahui bahwa motivasi siswa telah mencapai 59%. Dan pada pertemuan kedua mencapai 68%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II pertemuan ketiga meningkat dan telah mencapai 74%. Pada pertemuan ke 4 mencapai 87%. Dari data ini menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan motivasi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur artinya apabila diterapkan strategi Modelling The Way dalam belajar bahasa Indonesia secara benar akan dapat meningkatkan motivasi membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 06:58 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 06:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8643 |
Actions (login required)
View Item |