Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V MI AMAL IKHLAS PEKANBARU

HAFIZATUN NISA S, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V MI AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECULAI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran artikulasi kelas V MI Amal Ikhlas Pekanabaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 18 orang siswa kelas V MI Amal Ikhlas Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran artikulasi dan meningkatkan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampun kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kerjama siswa rata-rata mencapai 53,89% dengan kategori kurang tinggi. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata 61,67% dengan kategri cukup tinggi. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata 85,22% dengan kategori sangat tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran artikulasi dalam muatan pelajaran IPAS dapat meningkatkan kerjasama siswa di kelas V MI Amal Ikhlas Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsusiba, -21434374743susiba@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:38
Last Modified: 24 Jan 2025 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86421

Actions (login required)

View Item View Item