Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TRAINING MODELS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG

Nurul Fitrah (2013) PENERAPAN STRATEGI TRAINING MODELS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013273PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil tes awal pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang, yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada materi pecahan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan Penerapan Strategi pembelajaran model pelatihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Model Pelatihan dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi Training Models dalam rangka meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar matematika hanya dengan nilai rata-rata 56,5 dan ketuntasan kelas mencapai 40%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa hanya dengan nilai rata-rata mencapai angka 59 dengan ketuntasan kelas 60% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai angka 61 dengan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Strategi pembelajaran model pelatihan dalam proses pembelajaran matematika pada materi pecahan secara benar akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:57
Last Modified: 02 Nov 2016 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8642

Actions (login required)

View Item View Item