PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 022 KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Khairunnisa, (2013) PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 022 KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013271PGMI.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Siswa Kelas V SDN022 Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman suku bangsa dan budaya diindonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 022 Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. dengan menerapkan model Advance Organizer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 022 Kuok yang berjumlah 16 orang, 9 laki-laki dan 7 Perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan model advance organizer. Penelitian ini terdapat 2 siklus dan dilaksanakan 4 kali pertemuan, adapun tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 022 Kuok Kecamatan Kuok. Hasil ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada hasil sebelum tindakan 31,25%, Sedangkan melalui mdel advance organizer pada siklus I adalah 62,5% dan siklus II 81,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:53
Last Modified: 02 Nov 2016 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item